Memilih Sepeda MTB Terbaik

Beragam jenis sepeda telah meramaikan pasar sepeda, dan Sepeda MTB atau Mountain Bike (Sepeda Gunung), merupakan salah satu jenis yang paling populer. Ciri utama sepeda ini adalah, memiliki roda yang keras dan berukuran sedang hingga besar, dan memiliki frame yang tebal dan kuat. Sepeda ini populer karena selain kuat menahan segala jenis badan pengendara, juga nyaman untuk segala jenis jalan, dan siap menghadapi semua kontur jalan.Memilih Sepeda MTB Terbaik

Jenis dan merek sepeda gunung sekarang sudah semakin bervariasi, terdapat beberapa tipe tergantung keinginan pengendara dan jenis jalan yang akan dihadapi. Untuk menentukan pilihan terbaik sebelum membeli sepeda gunung, terdapat beberapa hal yang patut kita ketahui.

  • Ketahui jenis-jenis sepeda.

Pada dasarnya terdapat beragam klasifikasi yang membedakan jenis-jenis sepeda gunung, seperti dari bahan framenya, ukuran diameter rodanya, bentuk, dan lain sebagainya. Namun, utamanya terdapat 5 jenis sepeda gunung.

  • Trail. Jenis ini yang paling lazim beredar, karena mampu menghadapi berbagai macam jalan.
  • All-Mountain. Sementara jenis ini khusus untuk jalan yang lebih ekstrem. Berundai-undai, berbatu, naik-turun, semua tipe jalan ini dapat dilalui dengan All-Mountain dengan mudah. Jenis ini memiliki frame yang lebih kuat, dan suspensi yang lebih tahan guncangan.
  • Cross Country. Jenis ini di design khusus untuk berjalan dengan kecepatan tinggi, dan juga untuk menghadapi jalan yang berkelok-kelok. Jenis ini memiliki frame yang lebih ringan.
  • Freeride/Downhill. Untuk menghadapi turunan, jenis ini paling tepat. Jenis ini efisien menghadapi segala jenis turunan, curam ataupun berbatu.
  • Dirt Jump. Jenis ini paling sering digunakan oleh para freestyler karena merupakan jenis yang paling cocok untuk beratraksi.
  • Ketahui gaya berkendara Anda.

Masing-masing pengendara dan calon pengendara memiliki gaya berkendara yang berbeda-beda, dan tiap-tiap gaya memiliki kecocokan dengan tipe-tipe sepeda tertentu. Apakah anda seorang pemula, atau telah sering mengendarai sepeda sebelumnya? Untuk para pemula, jenis Trail merupakan salah satu pilihan yang paling tepat.

  • Sesuaikan dengan fisik Anda.

Sesuaikan ukuran sepeda dengan ukuran badan Anda. Jangan terlalu kecil, ataupun terlalu besar.

  • Sesuaikan dengan budget Anda.

Hal ini merupakan yang paling penting. Jangan memaksakan membeli sepeda yang berharga tinggi jika Anda hanya akan menggunakannya sesekali. (RR)