Jangan Salah, Ini Tips Memilih Tukang Bangunan untuk Bangun Rumah

Membangun properti Indonesia, termasuk rumah, memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Selain diperlukan budget besar dan planning yang mendasar, Anda memerlukan tukang bangunan ahli yang siap membangun rumah seperti keinginan Anda. Alih-alih memiliki rumah indah, salah memilih tukang justru dapat membuat Anda rugi besar lho.

tukang bangunan

Source: livinghistorysociety

Namun tak perlu bingung karena sudah ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencari tukang bangunan yang terpercaya dan bisa diandalkan untuk mewujudkan rumah impian. Seperti apa tipsnya? Yuk baca terus!

  1. Pilih Tukang yang Berpengalaman

Tidak bisa dipungkiri, banyaknya pengalaman memang berbanding lurus dengan skill yang dimiliki seseorang. Termasuk tukang bangunan, mereka yang lebih banyak pengalaman seharusnya dapat lebih diandalkan. Banyaknya pengalaman dapat membuat mereka memutuskan segala sesuatu dengan matang. Jika terjadi suatu masalah, mereka bisa mengatasinya dengan baik sesuai pengalaman yang dimiliki.

  1. Pertimbangkan Kepribadian Tukang

Bukan hanya keahliannya saja lho, namun kepribadian tukang juga perlu Anda pertimbangkan. Mirip seperti layaknya seorang HRD yang sedang menyeleksi karyawan, Anda juga perlu menyeleksi tukang yang memiliki kepribadaian yang baik. Jujur, tanggung jawab dan disiplin merupakan hal yang penting dimiliki oleh pekerja, termasuk tukang bangunan. Dengan kinerja yang baik, Anda bisa sedikit lega karena risiko penipuan atau kerugian yang diakibatkan oleh ketidakdisiplinan tukang bisa berkurang.

  1. Pilih Tukang yang Direkomendasikan

Untuk mencari tukang yang memiliki kriteria di atas memang cukup sulit. Tanpa adanya informasi dari sekitar, rasanya tidak mungkin menemukan tukang yang berpengalaman dan juga berkepribadian baik.

Karena itu, Anda bisa memanfaatkan informasi dari tetangga atau saudara yang pernah membangun rumah atau mengenal tukang bangunan yang bisa dipercaya. Jika perlu, Anda juga bisa mencari tukang bangunan lewat iklan yang mempromosikan bantuan jasa di internet, koran dan media lainnya.

  1. Tetap Pantau

Meskipun telah menemukan tukang bangunan yang terpercaya, bukan berarti Anda bisa melepaskan segalanya tanpa memantau pekerjaan mereka. Tetaplah pantau dan komunikasikan secara baik seperti apa bangunan yang Anda inginkan. Karena itu, penting sekali untuk mempersiapkan rencana seperti perkiraan bahan bangunan yang dibutuhkan, perkiraan budget, desain dan target durasi pembangunan.

Bagaimana, sudah tidak bingung lagi kan untuk mencari tukang bangunan yang terjamin? Jika ada tips lainnya, Anda boleh share di sini kok. Semoga bermanfaat! (Rima)