Deretan Makanan yang Bisa Bantu Tangkal Depresi

Depresi merupakan kondisi yang bisa menyerang siapa saja, tak hanya untuk orang tua tetapi juga untuk anak-anak. Kondisi ini tidak mengenal usia dan jenis kelamin. Depresi memantau dari sudut-sudut tergelap dari pikiran kita dan siap untuk menyergap siapa saja. Akan sulit untuk keluar dari lubang depresi ketika sudah terjebak di dalamnya, bahkan pemeriksaan kesehatan saja sulit untuk membantu. Nah, kamu bisa menangkal depresi dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi deretan makanan berikut ini:makanan penangkal depresi

  1. Tomat cherry

Siapa yang tak suka tomat cherry? Bentuknya mungil yang bisa dimakan dalam sekali lahap dan rasanya yang segar membuat tomat cherry sering dijadikan camilan oleh banyak orang. Tomat cherry juga sering digunakan dalam campuran salad atau makanan lainnya. Nah, selidik punya selidik, tomat cherry juga bisa membantu mengurangi depresi. Tomat cherry mengandung likopen dan antioksiden yang membantu memperbaiki mood seseorang.

  1. Ubi

Tidak disangka, ubi ternyata memiliki kandungan betakaroten dan vitamin B6 yang berfungsi untuk mempertahankan kondisi kesehatan mental, lho. Tidak hanya itu, ubi juga bisa menjadi makanan penenang untuk mengatasi gangguan mood. Kalau kamu sedang merasa down, tidak bersemangat, atau bahkan merasa gloomy, makan ubi bisa membantu mendorong semangat dengan kandungan B6-nya. Untuk mengonsumsi ubi pun tidak repot, kamu bisa menggorengnya atau bahkan dikukus saja.

  1. Bayam

Bayam telah lama dikenal sebagai sayuran yang membantu meningkatkan sel darah merah dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hanya saja, ternyata khasiat bayam tidak berhenti sampai di situ saja. Bayam juga mengandung zat besi dan asam folik yang membuat tubuh merasakan perasaan bahagia serta menjadi pelindung alami tubuh dari serangan depresi. Mengingat fungsinya yang sedemikian besar, mulai sekarang biasakan untuk memakan sayur bayam dalam keseharianmu, ya!

  1. Keju

Suka makan keju? Well, who’s not? Keju memang tidak hanya nikmat dimakan langsung saja, tetapi juga enak untuk dimakan bersamaan dengan bahan makanan lainnya. Nah, penelitian membuktikan bahwa keju mengandung zat yang mampu meningkatkan perasaan bahagia sekaligus bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Keju juga mengandung zat besi tinggi yang bisa membantu menangkal gejala stress. Wah, tidak heran ya jika kita merasa bahagia saat menyantap keju! Psst, akan tetapi, mengingat keju mengandung lemak dan juga kalori tinggi, disarankan untuk tidak memakannya dalam jumlah banyak, ya!

  1. Pisang

Sejak lama, pisang memang dikenal sebagai buah yang menyediakan cukup energi bagi tubuh. Tidak heran jika banyak orang yang menganjurkan untuk makan pisang di pagi hari sebagai menu sarapan. Selain mudah dikonsumsi dan bisa dimakan di mana saja, kandungan energinya ternyata cukup untuk menunjang aktivitas harian. Nah, tidak hanya itu, pisang juga kaya akan vitamin B untuk menekan perasaan depresi dan stres.