Deretan Film Perang yang Faktanya Tidak Akurat

Film perang sendiri merupakan salah satu genre film yang dibuat oleh produser terbaik, yang mengusung tema peperangan. Biasanya, tema peperangan yang dimasukkan ke dalam pembuatan film perang ini, langsung diambil dari kisah sejarah yang dialami oleh sebuah wilayah dari berbagai negara di dunia. Namun, apa jadinya jika kisah sejarah yang terdapat di dalam film perang ini, faktanya tidaklah akurat bahkan tidak ada catatan sejarah yang mencatat kisah yang terjadi di dalam film. Jadi, apa sajakah film perang yang faktanya tidak akurat? Yuks, langsung saja disimak beberapa ulasannya di bawah ini:

  • Enemy at the Gates.
Enemy at the Gates

Source: youtube

Film yang rilis pada tahun 2001 silam ini, mengisahkan tentang seorang sniper Uni Soviet bernama Vasily Zaytsev, yang sedang berperang dalam pertempuran Stalingrad antara Jerman dan Rusia. Kisah sejarah yang digambarkan oleh film perang yang satu ini, dianggap tidaklah akurat dimana ketika ada adegan gencatan senjata, para tantara kekurangan senjata untuk menyerang lawan, yang membuat semua tentara harus menyerang dengan menggunakan satu senjata saja untuk dua orang. Padahal, adegan yang seperti ini tidak pernah ada di dalam catatan sejarah baik arsip dari Jerman maupun Rusia. Dan juga, penggambaran sosok Zaytsev terlalu dominan ketika mengambil alih peperangan, padahal jutaan tantara juga sedang bertempur dalam peperangan.

  • Pearl Harbor.
Pearl Harbor

Source: imdb

Film Pearl Harbor dirilis pada tahun 2001. Film yang mengusung tema peperangan ini, dianggap tidaklah akurat dan tidak ada catatan pasti dari setiap penggambaran kisah yang ada di dalam film yang satu ini. Dimana, di sejarah asli pemimpin bernama Admiral Kimmel tidak bermain golf, tapi di film malah bermain Golf. Lalu, ketika salah seorang kedutaannya meninggal dunia bernama Washington, dirinya malah tidak diberi kabar sedikit pun. Dan juga, pemimpin yang satu ini tidak mengetahui adanya penyerangan yang dilakukan oleh tentara Jepang.

  • Jarhead.
Jarhead

Source: pinterest

Film perang yang dirilis pada tahun 2005 lalu, juga dianggap tidak akurat dan tidak menggambarkan kehidupan militer yang sesungguhnya. Dimana, banyaknya adegan yang sangat berlebihan dan tidak masuk akal. Contohnya saja, ketika ada adegan para tentara sedang menari di sekitaran api unggun, dan menembakkan senjata ke udara. Padahal di kenyataannya, tidaklah mungkin para tentara menari sambil menembakkan senjata. Dan juga, tekanan fisik sekaligus mental yang digambarkan oleh film ini, sangatlah aneh dan malah keluar konteks. Termasuk, adanya pemberian cap USMC kepada tentara yang pernah mengecam pendidikannya sebagai tentara.

  • Red Tails.
Red Tails

Source: onemovieourviews.com

Film Red Tails sendiri tayang pada tahun 2012. Film perang yang satu ini, menggambarkan semangat untuk mengatasi masalah diskriminasi. Tapi, dikarenakan sejarah yang ada di dalam film ini tidaklah akurat, justru film ini malah memberikan kesan menggurui semua masyarakat. Dan juga, ada adegan dimana seorang petinggi tentara bernama Tuskegee Airmen, tidak sedih ketika para pasukan pengebomnya meninggal dunia, Padahal, jika dikenyataannya, petinggi tentara yang kehilangan pasukannya, pasti sungguh sedih dan sangat menderita setelahnya.

Wah, tidak bisa dibayangkan ya, jika ada film perang yang disuguhkan kepada penontonnya, tapi kisah sejarah yang terdapat di dalam filmnya tidaklah akurat! –SH–