Buat Sendiri Maeun Dak Guksu Kreasimu, Yuk!

Siapa sih yang tidak suka mie? Kamu pun pastinya senang dong mencicipi makanan berupa mie? Terlebih sekarang ini banyak sekali jenis-jenis mie yang banyak dijual di pasaran. Duh, rasanya nikmat sekali deh memakan mie saat bersantai di hunian alam sutera milikmu.

Nah, kalau kamu sudah mulai bosan dengan mie yang dijual di supermarket, coba buat sendiri yuk. Selain lebih sehat karena bebas MSG, pastinya juga lebih mengenyangkan. Adalah Maeun Dak Guksu atau spicy chicken noodle soup, mie segar yang berasal dari Korea Selatan. Mie ini terasa pedas dengan kuah yang sangat terasa rempah-rempahnya. Penasaran ingin mencobanya?

Maeun Dak Guksu

Source: google

Bahan yang diperlukan:

  1. Mie telur (atau bisa gunkan jenis mie yang kamu suka).
  2. Dada ayam.
  3. Bawang bombay.
  4. Kol
  5. Wortel
  6. Daun bawang.

Bahan untuk kaldu:

  1. Air
  2. Bawang putih.
  3. Daun bawang.
  4. Lada
  5. Bawang bombay.

Bahan untuk bumbu:

  1. Cabe bubuk.
  2. Kecap asin.
  3. Minyak wijen.
  4. Bawang putih cincang.
  5. Garam

Psst, gampang kan bahan-bahannya? Kalau kamu rajin belanja, bahan-bahan di atas pasti tersedia deh di dalam kulkasmu hehe. Nah, sekarang saatnya meracik bahan tersebut menjadi makanan yang nikmat.

Langkah pembuatan:

  1. Racik bumbu untuk kaldu. Tuangkan air secukupnya (sesuai dengan banyaknya mie yang ingin dimasak), tambahkan bawang putih, daun bawang, dan lada. Bawang putih dan daun bawangnya tidak perlu dipotong, ya. Biarkan utuh agar rasa kaldu lebih terasa.
  2. Setelah beberapa saat, masukkan dada ayam dan lanjutkan memasak dengan api sedang. Masak selama 25 menit.
  3. Angkat ayam yang sudah matang, buang daun bawang serta bawang putihnya. Sisakan kuah kaldunya.
  4. Potong ayam menjadi potongan kecil-kecil. Setelah ayam selesai, jangan lupa juga untuk memotong bawang bombay, kol, wortel, dan daun bawang dengan potongan bite sizes. Sisihkan.
  5. Ambil mie yang ingin dimasak dan rebus hingga matang.
  6. Ambil kaldu yang telah dibuat, tuang ke dalam pan, dan masak dengan api besar. Tuangkan semua bahan bumbu ke dalam air kaldu (dikira-kira sesuai takaran mie yang dimasak).
  7. Ketika sudah mendidih, masukkan ayam dan semua sayuran yang sudah dipotong kecuali daun bawang. Masak selama beberapa menit sampai kaldu kembali mendidih.
  8. Masukkan mie yang sudah matang ke dalam kaldu. Bubuhkan dengan daun bawang yang sudah dipotong.
  9. Masak selama dua menit, aduk rata.
  10. Maeun Dak Guksu siap disajikan.

Siap untuk mencobanya di apartemen kamu? (Tr)