Buat Kamu Warga Jakarta: Kenalan dengan App Ini, Yuk!

Sebagai Generasi Y yang sering ‘dituduh’ sebagai generasi pengeluh namun tak menghadirkan solusi, kamu pastinya sudah muak ya mendengar sindiran orang di media sosial setiap kali kamu menuliskan komentar tentang Jakarta. Jalan yang berlubang, macet, air yang tergenang setiap habis hujan, mungkin hanya segelintir masalah yang kamu alami saat hidup di ibukota. Kesal, sih, masa mau memberikan masukan malah dimarahi? Ya, nggak, sih? Hmm, sebetulnya yang kamu lakukan tidak salah, guys. Hanya saja, caranya tidak tepat. Alih-alih whinning dan mengeluh di sosial media, lebih baik memanfaatkan aplikasi berikut agar keluhan ini bisa segera ditangani dengan baik. Jadi, yuk manfaatkan paket internet cepat dan murah yang ada di ponsel kamu untuk berkontribusi dalam memperbaiki Jakarta agar semakin baik lagi!Buat Kamu Warga Jakarta Kenalan dengan App Ini Yuk

Apa saja sih daftar aplikasinya? Well, pokoknya kamu belum menjadi warga Jakarta yang sejati nih kalau belum kenalan dengan aplikasi berikut ini.

  1. LAPOR!. Sudah pernah mendengar aplikasi ini? Hmm, pastinya ada yang sudah pernah, namun lebih banyak yang belum ya! Hehe. Nah, kami beri penjelasan, ya. LAPOR! ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh Unit Kerja Presiden agar masyarakat bisa ikut serta dalam pengawasan dan pelayanan masyarakat. LAPOR! ini tidak hanya hadir dalam bentuk aplikasi, tetapi juga hadir dalam bentuk website yang terhubung dengan kementerian, pemerintah daerah, dan juga BUMN. Melalui aplikasi ini, kamu bisa membuat laporan yang disertai dengan dokumen pendukung agar dapat ditindaklanjuti. Menariknya, aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di Android atau di Blackberry.
  2. QLUE. Sebal ketika melihat mobil pribadi atau motor masuk ke dalam jalur busway? Jangan hanya mengeluh di sosial media! Segera foto kejadian tersebut dan manfaatkan aplikasi Qlue melalui perangkat elektronikmu. Dengan menggunakan Qlue, kamu bisa melaporkan kendaraan yang melanggar jalur dan sertakan keterangan pendukungnya seperti lokasi dan jam kejadian. Kamu juga bisa melihat status pengaduan dengan melihat tanda pada foto yang diunggah. Jika warnanya merah, berarti pengaduan masih menunggu proses, kuning berarti sedang diproses, dan hijau berarti sudah ditangani. Selain pelanggaran, kamu juga bisa membuat pengaduan banjir, macet, pohon tumbang, dan lain sebagainya. Semakin aktif membuat laporan, kamu akan dihadiahi dengan avatar yang terbatas untuk tingkatan tertentu saja. menarik, ya! Segera deh unduh aplikasi ini di iOS atau Android kamu!

Nah, daripada menghabiskan kuota dengan koar-koar di sosial media lebih baik mengadu lewat dua aplikasi di atas. Bener, nggak? Selamat mencoba, ya! (Tr)