Anime Jepang yang Sangat Mirip dengan Doraemon (part II)

Doraemon merupakan salah satu anime yang berasal dari negara matahari terbit Jepang, yang sangat terkenal sekali di berbagai negara di dunia, dan dulunya selalu menghiasi layar kaca pertelevisian swasta maupun TV kabel Indonesia. Kartun Doraemon sendiri mengisahkan tentang seekor kucing bernama Doraemon, yang selalu membantu seorang anak manusia bernama Nobita yang memiliki sifat ceroboh dan pemalas. Apabila Nobita membutuhkan pertolongan, maka Doraemon dengan sigap membantunya dengan cara mengeluarkan barang-barang ajaib yang tersimpan di balik kantong ajaibnya.

Meskipun anime yang satu ini hanya menyuguhkan cerita yang sangat sederhana, tapi di setiap episodenya anime Doraemon ini mampu memberikan pelajaran yang sangat berharga dan selalu menghibur para penontonnya. Berkat kepopulerannya yang sangat luar biasa, membuat banyak anime sejenis yang bermunculan kepermukaan dan sangat mirip dengan anime Doraemon ini. Dari mulai konsep cerita sampai dengan beberapa karakter yang terdapat di anime hampir serupa dengan yang ada di Doraemon.

Apa sajakah itu? Tidak jauh berbeda dengan artikel “Anime Jepang yang Sangat Mirip dengan Doraemon (part I)”, berikut ini kami lanjutkan kembali beberapa anime yang mirip Doraemon. Selamat Membaca!

  • Obake no Q-taro.

obake no Q taro

Obake no Q-taro adalah anime yang berasal dari negara Jepang, yang dibuat oleh Tadao Nagahama. Menariknya, anime yang satu ini menjadi salah satu anime yang berhasil tayang perdana di channel Nippon. Obake no Q-taro sendiri berkisah tentang seorang anak laki-laki bernama Shota yang bertemu dengan Q-tora. Q-tora adalah sesosok hantu atau Obake yang bisa berubah bentuk sesuai yang diinginkan. Akhirnya, mereka berdua pun menjadi sahabat dekat, dan Q-tora selalu membantu Shota dalam menyelesaikan semua masalah yang dihadapinya. Di anime ini, kita bisa melihat jika terdapat beberapa karakter yang sangat mirip dengan yang ada di Doraemon seperti Shizuka, Giant, dan Suneo, dan Nobita.

  • Mojacko.

Mojacko

Anime Mojacko sendiri merupakan anime karya Tetsuya Endo, yang pertama kali ditayangkan di channel TV Tokyo. Mojacko mengisahkan tentang seorang murid laki-laki bernama Sorao, yang bertemu dengan alien dari sebuah planet, Moja. Sorao berusaha untuk membantu alien yang ditemukannya itu untuk pulang ke tempat asalnya. Sementara itu, sang alien juga membantu Sorao dengan benda-benda ajaib yang dimilikinya dan selalu membantu dalam kehidupan sehari-harinya. Disini, kita pun akan melihat konsep cerita yang sedikit sama, dimana membantu dengan menggunakan benda-benda ajaib. Sekaligus, terdapat salah soerang karakter yang sangat mirip dengan karakter Giant di Doraemon.

 

Bagaimana nih? Kalian semua pernah gak menonton anime yang sudah ditulis di atas? –SH–