Aman Bersepeda dengan Sepeda MTB

Sepeda MTB atau Mountain Bike, merupakan sepeda khusus yang digunakan untuk bersepeda di jalan yang tidak ramah kendaraan, yang berkontur naik turun, terjal, hingga berbatu. Meski dapat dibilang berbahaya, aktifitas ini tengah ramai digandrungi banyak orang karena dirasa menantang, menyenangkan, dan menyehatkan. Selain itu, pengendara juga dapat menikmati pemandangan pegunungan yang menyegarkan, terutama bagi mereka yang sehari-harinya beraktifitas di kantor. Untuk dapat menikmati aktifitas olahraga ini, hal-hal berikut dapat kita lakukan.Aman Bersepeda dengan Sepeda MTB

  • Ketahui tekniknya.

Terdapat teknik-teknik tertentu yang dapat membantu kita pada aktifitas ini. Seperti, mencondongkan badan ke depan saat menghadapi jalanan yang menanjak, atau sedikit berdiri sedikit saat menghadapi turunan.

  • Stretching

Kita bisa melakukan stretching atau pelemasan otot sederhana sebelum bersepeda gunung demi menghindari kram atau pegal-pegal setelah berkendara. Otot yang lemas juga mempermudah kita untuk mengontrol sepeda

  • Pelajari tekhnik lompatan-lompatan.

Lompatan tidak hanya dilakukan saat melakukan atraksi fresstyle saja, saat bersepeda gunung, lompatan juga lazim dilakukan untuk menghindari lubang, pohon yang tumbang, batu, dan lain sebagainya. Tekhnik ini harus kita pelajari agar siap menghadapi jalanan yang pastinya tidak ramah untuk kendaraan.

  • Gunakan rem secara perlahan.

Jangan mengerem secara tiba-tiba, perhatikan jalan dan selalu rem secara perlahan-lahan sebelum menghadapi rintangan ataupun turunan dan tikungan. Gunakan rem belakang terlebih dahulu yang kemudian diikuti dengan rem depan, namun jangan ragu untuk menggunakan rem secara berbarengan. Jangan pernah menggunakan rem saat berada dalam tikungan ataupun turunan, gunakan rem sebelumnya.

  • Gunakan sepeda yang pas.

Terdapat berbagai macam sepeda gunung yang dapat kita gunakan, namun tidak semuanya dapat menghadapi segala rintangan. Setiap sepeda memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Sesuaikan sepeda dengan jalur yang akan dilewati, dan ukuran tubuh kita.

  • Mulai dengan pelan-pelan.

Jangan terburu-buru. Untuk pemula, jalanilah jalur yang mudah dengan sepeda yang sesuai, jangan langsung menjalani jalur yang ekstrem. Biarkan tubuh terbiasa, barulah mencoba jalur yang lebih sulit.

  • Perhatikan jalan dengan seksama.

Perhatikan jalan dan bukan roda, setir, ataupun teman yang telah melaju di depan. (RR)