Pengetahuan Pintar

Kreativitas dalam Dunia Marketing. Apa Gunanya?

Dalam dunia marketing tradisional, interaksi antara pengiklan dan target audiens tidak mungkin terjadi secara langsung karena format medium yang tidak memungkinkan audiens untuk memberi respons. Sebaliknya dalam dunia marketing digital, interaksi langsung antara pengiklan dan target audiens adalah sebuah keharusan. Itu dia kenapa banyak brand menggunakan jasa digital creative agency Indonesia untuk membantu mereka menumbuhkan interaksi antara brand dan konsumen melalui kreativitas dalam dunia marketing.

Bentuk kreativitas dalam marketing

Kreativitas dalam marketing merujuk pada proses mengawinkan konsep dan ide kreatif ke dalam strategi pemasaran yang bertujuan untuk menjual produk atau layanan. Tentu, tujuan dan sasaran dasar dari strategi ini sama dengan marketing tradisional: menghasilkan transaksi. Hanya saja, strategi dan pendekatan digital marketing yang menggunakan kreativitas sangatlah bervariasi.

Umumnya, mereka yang berkecimpung dengan profesi ini akan menggunakan kreativitas mereka untuk bsia menginspirasi, menarik minat, atau malah mengejutkan para audiens. Tujuannya? Meningkatkan interaksi antara pengiklan dan target audiens, sehingga brand pengiklan menempel di ingatan calon konsumen.

Pentingnya kreativitas buat dunia marketing

  • Membangun nama merek. Kegunaan yang pertama dari kreativitas dalam dunia marketing adalah brand awareness atau kesadaran merek di mata target audiens. Strategi dan kanal yang digunakan tentu ada macam-macam, namun kuncinya adalah satu: bagaimana kamu bisa memperkenalkan mereka dengan cara kreatif agar nama merek tersebut terngiang di telinga dan mata target audiens.
  • Berkolaborasi dengan audiens. Selain membentuk interaksi, digital marketing juga cukup mengandalkan “bantuan” audiens untuk memperbesar nama atau memperluas gaung mereknya. Caranya adalah dengan membuat kolaborasi yangmenarik minat audiens, sehingga pengiklan bisa memahami pendapat, perasaan, dan tentunya kebutuhan mereka.
  • Menghemat biaya. Guna lain dari kreativitas dalam dunia marketing adalah menekan budget atau anggaran. Gimana bisa? Kembali lagi, kampanye-kampanye digital marketing bisa menjangkau audiens yang lebih luas sekaligus spesifik. Jadi, kemungkinan terjadinya sebuah transaksi akan lebih besar dibanding marketing tradisional yang menyasar audiens lebih umum.
  • Hasil yang dapat diukur. Salah satu keunggulan besar dari digital marketing adalah adanya metrik pengukur yang spesifik. Dengan begitu, pengiklan bisa mengukur keberhasilan kampanye kreatif secara adil dan terukur secara finansial.

Nah, itulah dia ulasan tentang kreativitas dalam dunia marketing serta berbagai kegunaannya untuk umat manusia. Semoga bermanfaat!