Pengetahuan Pintar

Gimana Cara Kamera Instax Merekam Gambar di Kertas Foto?

Kamera Instax mini Evo adalah salah satu kamera yang saat ini sangat digemari para pencinta fotografi. Dengan rupa desain seperti kamera analog khas Fujifilm, kamera satu ini bukan sekadar bisa memotret momen dan mencetaknya ke dalam sebuah kertas foto. Lebih dari itu, kamera ini juga bisa melihat preview foto sebelum dicetak dan mencetak foto digital yang dikirimkan dari perangkat elektronik lain. Tapi, pernah terpikir, nggak, sih, gimana cara kamera ini merekam gambar pada kertas foto?

Kalau penasaran, baca penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Mengutip dari laman Analogue Wonderland, prinsip dasar di balik kertas film yang digunakan pada Instax mini Evo adalah reaksi kimia ketika cahaya mengenai bahan kimia tertentu. Pada dasarnya, kertas film kamera satu ini terdiri dari tiga lapisan, yaitu: lembaran penutup plastik transparan di bagian luar (atas), emulsi film di bagian tengah, dan bahan pengembang di bagian dalam (bawah).

Saat cahaya memasuki kamera dan mengenai emulsi film yang ada di bagian tengah, reaksi kimia terjadi dan proses pengembangan momen dalam sebuah cetakan kertas film pun dimulai. Hal ini bisa terjadi karena emulsi film itu mengandung jutaan molekul zat warna kecil yang tersuspensi dalam lapisan gelatin.

Cahaya yang mengenai emulsi film akan menyebabkan molekuk zat warna menjadi tereksitasi dan bergerak di dalam gelatin. Kemudian, zat pengembang di bagian bawah kertas film akan menarik molekul zat warna ke dalam lapisan tersebut, yang membuat molekul itu terperangkap dalam lapisan plastik bening yang membentuk gambar akhir.

Keseluruhan proses di atas memakan waktu sekitar 60 detik. Setelah satu menit, voila, momentum yang sempat kamu jepret dengan kamera Instax mini Evo akan muncul di kertas foto.

Yang menarik, gambar pada kertas foto itu bisa bertahan dalam hitungan dekade atau lebih dari sepuluh tahun, loh! Tapi, hal ini bisa kejadian kalau kamu menyimpan kertas foto dari kamera Instax-mu denga benar, seperti di tempat yang sejuk dan kering, serta jauh dari cahaya dan kelembapan.

Nah, begitulah cara kamera Instax merekam gambar di kertas foto. Semoga informasi ini berguna untuk kamu yang ingin bermain-main dengan kamera lucu satu ini!