Pengetahuan Pintar

Ini Berbagai Keuntungan Solo Traveling

Wisata bersama keluarga atau teman dekat memang menyenangkan. Namun, tahu gak sih kalau wisata sendiri atau solo traveling juga gak kalah menyenangkan? Misalnya dengan melakukan solo traveling ke Jepang maupun daerah wisata lainnya, baik dalam negeri maupun luar negeri. Masih ragu melakukannya? Cari tahu dulu, yuk, berbagai keuntungan solo traveling untuk menguatkan tekadmu mencobanya.

Melatih Kemandirian

Saat berwisata bersama, ada beberapa orang yang cenderung menyerahkan segala sesuatunya pada orang lain. Dari mulai mencari transportasi, mencari penginapan, dan lain sebagainya. Namun, ketika kamu melakukan solo traveling, kamu gak bisa mengandalkan siapa pun dalam perjalananmu.

Baik itu saat melakukan perencanaan sebelum perjalanan maupun saat berada di lokasi, kamu harus mengandalkan dirimu sendiri. Secara tidak langsung, kamu akan dilatih untuk lebih mandiri dalam menghadapi berbagai situasi, baik yang menyenangkan atau pun tidak.

Meningkatkan Percaya Diri dan Keberanian

Seperti yang telah disebutkan, solo traveling artinya kamu harus menyelesaikan semua masalah sendiri. Namun, bukan berarti kamu jadi tidak bisa meminta bantuan ke siapa-siapa. Misalnya ketika kamu mengalami kesulitan membeli tiket kereta, kamu bisa coba bertanya pada penumpang lain bagaimana caranya membeli tiket.

Atau, ketika kamu berada di area yang tidak kamu ketahui, kamu bisa bertanya pada orang sekitar mengenai arah untuk menuju lokasi yang dituju. Secara tidak langsung, kamu akan belajar untuk lebih berani dan percaya diri untuk memulai komunikasi dengan orang baru. Namun, tentunya kamu harus waspada saat bertanya pada orang lain dan jangan mudah percaya, terutama ketika ada gerak gerik yang mencurigakan.

Membangun Koneksi Baru

Saat solo traveling, kamu lebih bisa mencoba untuk membangun koneksi dengan orang-orang baru. Misalnya kamu menginap di hotel berbentuk guesthouse, mungkin saja ada solo traveler lain di sana, sehingga kalian bisa saling berbagi pengalaman.

Koneksi-koneksi ini bisa membantumu untuk mendapatkan pengalaman yang lebih luas lagi dalam berbagai hal. Apalagi, jika kamu menemukan orang yang sudah sangat berpengalaman melakukan solo traveling, kamu bisa mendapatkan banyak tips dan informasi bermanfaat darinya.

Memiliki Kendali Penuh

Pernah gak sih merasa kesal dalam aktivitas wisata karena rencana temanmu tidak sesuai dengan yang kamu harapkan? Misalnya kamu ingin wisata ke Borobudur, candi Buddha terbesar di dunia, tetapi temanmu lebih suka wisata belanja atau wisata yang sedang viral saat ini. Kamu gak akan mengalaminya kalau melakukan solo traveling karena semua kendali ada di tanganmu.

Dari mulai menentukan tempat wisata, transportasi yang digunakan, tempat menginap, dan lain sebagainya. Bahkan, kamu juga bisa bebas mengubah rencana jika merasa ada hal yang lebih menyenangkan dibandingkan rencana awalmu.

Bagaimana, banyak kan manfaat dan keuntungan yang bisa didapat? Jadi, jangan ragu lagi. Yuk, segera rencanakan solo traveling versimu sendiri.