4P, Panduan Memilih Lokasi Kantor

Apakah Anda tengah mencari lokasi baru untuk kantor atau bisnis Anda? Banyak hal yang harus kita perhatikan sebelum menentukan lokasi yang tepat. Lokasi haruslah memenuhi sejumlah kriteria, seperti Office Tower Mega Kuningan yang berlokasi strategis. Selain itu, lokasi kantor juga haruslah memenuhi 4P, yang merupakan sebuah panduan singkat dan jelas yang dapat kita ikuti sebagai acuan untuk memilih lokasi kantor atau bisnis yang tepat. 4P tersebut terdiri dari, Product (produk barang atau jasa kita), Price (harga lokasi), Place (keadaan lokasi), dan Promotion (dampak lokasi terhadap promosi perusahaan).4P, Panduan Memilih Lokasi Kantor

Mari kita bahas lebih lanjut ke-empat unsur pada panduan ini.

  • Product

Kriteria ini cukup mudah didapatkan. Apakah lingkungan lokasi dapat menerima produk yang kita tawarkan? Apakah produk kita sejalan dengan budaya sekitar? Untuk menghindari potensi masalah, pastikan bahwa produk kita tidak memiliki potensi menimbulkan masalah dengan lingkungan sekitar.

  • Price

Kriteria yang satu ini bergantung pada 2 hal, budget kita, dan kriteria-kriteria lain. Kita haruslah mencocokan, apakah harga lokasi yang ditawarkan sesuai dengan layanan atau keuntung-keuntungan yang didapatkan dari lokasi tsb? Apakah kriteria-kriteria lain terpenuhi? Lalu, apakah budget kita cukup dengan harga yang ditawarkan? Dalam hal ini, diharapkan untuk tidak memaksakan diri jika budget tidak mencukupi.

  • Place

Kriteria ini cukup penting. Apakah lingkungan yang akan kita pilih aman? Apakah memiliki angka kriminalitas yang tinggi? Untuk Jakarta (dan daerah rawan banjir lainnya), apakah lokasi merupakan daerah langganan banjir atau bencana alam lainnya? Bagaimana dengan tingkat kesehatan dan kebersihan lokasi? Pastikan daerah lokasi aman dari tindak kriminal ataupun bencana alam, dan juga bersih serta sehat.

Selain itu, perhatikan saingan atau kompetisi bisnis yang mungkin terdapat pada lokasi. Apabila terdapat banyak saingan dalam satu daerah atau lokasi, maka disarankan untuk memilih lokasi lain.

  • Promotion

Sementara, kriteria ini agak sulit didapatkan. Lokasi yang bagus dapat meningkatkan image perusahaan atau bisnis kita, dan hal tersebut juga akan memberikan promosi gratis. Untuk itu, lokasi haruslah memiliki akses yang mudah dan terlihat dengan jelas. Bisnis atau kantor lain pada lokasi yang sama juga dapat mempengaruhi image kita. (RR)