3 Sambungan Pipa yang Cocok untuk Pipa HDPE

Pipa HDPE merupakan jenis pipa saluran air yang terbuat dari bahan polietelen termoplastik, yang sekarang ini penjualannya sangat tinggi dibandingkan dengan pipa lainnya di Indonesia. Biasanya, pipa HDPE ini difungsikan untuk mengalirkan saluran air di bawah tanah yang digunakan oleh berbagai macam industri bahkan saluran perkotaan. Lantaran, memiliki kualitas yang bagus sekaligus harga pipa yang tidak terlalu mahal, membuat pipa HDPE ini menjadi pipa yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Yang paling menarik, pipa HDPE ini pun sudah diakui oleh pihak WHO sebagai pipa dengan kualitas bagus, dikarenakan ini pipa bebas dari racun dan sangat cocok dijadikan sebagai pipa untuk saluran air.

pipa HDE

Source: alibaba

Meskipun demikian, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, biasanya pipa HDPE ini dipasang dengan beberapa sambungan yang akan memberikan kualitas sekaligus mengindari terjadinya resiko kebocoran pada pipa HDPE. Berikut ini beberapa sambungan pipanya.

  1. Mold fitting. Mold fitting merupakan alat penyambung pipa HDPE yang saat ini sangat banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, disebabkan penyambung pipa ini mudah ditemukan di toko bangunan. Menariknya, penyambung pipa berjenis ini pun memiliki ketahanan yang cukup kuat, sehingga tidak akan patah apabila digunakan untuk menyambungkan pipa HDPE. Namun, sayangnya penyambung pipa ini mempunyai bentukan yang tidak fleksibel, yang mengakibatkan ada jenis mold fitting yang sulit dicari di pasaran lantaran produksinya yang lumayan sedikit.
  2. Segmented fitting. Berbeda dengan Mold fitting, Segmented fitting digunakan dengan cara memotong pipa HDPE terlebih dahulu. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, biasanya pipa yang akan disambung ke alat penyambung ini akan dipotong lalu dibentuk sedemikian rupa mengikuti bentuk dari sambungan pipa ini. Dengan digunakannya sambungan dengan nama segmented fitting ini, maka nantinya akan mengurangi tingkat kebocoran pada pipa.
  3. Compression fitting. Untuk sambungan Compression fitting sendiri ternyata lebih banyak dijadikan sebagai alat penyambung pipa di dalam sebuah rumah, dikarenakan sambungan pipa ini berbentuk lebih fleksibel dibanding yang lainnya. Selain itu, dalam sistem pemasangannya sendiri sambungan ini lebih mudah dan gampang dibandingkan dengan sambungan lain.

Nah, untuk yang ingin menyambungkan pipa HDPE, ada baiknya menyambungkannya dengan alat penyambung pipa ini. –SH–